Sunday, October 17, 2010

BERAS HITAM ALAMI


Dari sisi khasiat dan gizi ternyata Pigmen beras yang berwarna hitam mempunyai khasiat paling baik dibanding berwarna lainnya. Sangat spesifik dan unik.

Beras hitam sangat berbeda dengan beras lain, baik dari rasanya, aroma maupun penampilannya. Bila sudah dimasak beras hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Rasanya enak dan memiliki aroma wangi tersendiri.

Selain itu, Pigmen tersebut kaya akan kandungan materi aktif flavonoid dan kadarnya 5 kali lipat dari pada beras putih serta berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi dan asam urat.

Selain itu, beras hitam mengandung relatif lebih banyak serat makanan, laju pencernaan pati lamban, indeks gula darah 55 sedangkan beras putih adalah 87.

Menurut penelitian para ahli, beras hitam mempunyai khasiat: Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit, Memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirrosis), Membersihkan kolestrol dalam darah, Mencegah gangguan fungsi ginjal, Memperlambat penuaan (Antiaging), dan sebagai Antioksidan.

No comments: